Kegiatan

MUSYAWARAH DESA SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN RDS (RUMAH DESA SEHAT)

- Limbangan, Pemerintah Desa Limbangan menylenggarakan Musdes Sosialiasi dan Pembentukan RDS (Rumah Desa Sehat), yang dislenggarakan di Aula Balai Desa Limbangan (08/06/2022). Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan Kecamatan Limbangan, Pendamping Desa, Ketua BPD, Kepala Desa, Perangkat Desa, Posyandu, PKK, Karang Taruna, LKMD, Guru TK & PAUD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. 

Sebelum acara dimulai Kepala Desa Limbangan menyampaikan sambutan kepada peserta Musdes " Dengan adanya Pembentukan Rumah Desa Sehat, Mari kepada semua elemen masyarakat desa Limbangan kita bekerjasama untuk menyukseskan program RDS ini supaya Desa Limbangan masyarakatnya dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya stunting", tutur Kepala Desa Limbangan.

Selain itu, BPD Desa Limbangan dalam sambutanya juga menyampaikan sambutan supaya anggota Rumah Desa Sehat (RDS) nantinya bisa diajak bekerjasama untuk pendataan terhadap warga Desa Limbangan. Program RDS ini sudah ada anggaran dari pemerintah desa yang bersumber dari Dana Desa, oleh karena itu bapak/ibu dapat mengusulkan dana yang dibutuhkan untuk menunjang program Rumah Desa Sehat (RDS).

Sambutan terakhir dari wakil Camat Limbangan yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Kecamatan Limbangan, yang mana dalam sambutanya menyampaikan supaya adanya koordinasi antar elemen masyarakat Desa Limbangan supaya memperlancar pendataan dan penurunan angka stunting di Desa Limbangan ini, tutur kasi pemberdayaan.

Dalam acara ini sosialisasi disampaikan oleh Pendamping Desa yang mana dalam hal itu menyampaikan Apa itu RDS??

RDS (Rumah Desa Sehat) merupakan suatu forum yang didalamnya terdapat banyak unsur unsur masyarakat. RDS di bentuk dengan tujuan diantaranya: Sebagai pusat informasi dan pembelajaran bagi masyarakat desa supaya meningkatkan PHBS sehingga tertanganinya stunting yang ada di desa. Selain itu tujuan selanjutnya yakni sebagai forum advokasi bagi masyarakat desa.

Pendamping desa juga menyampaikan program kerja yang harus disusun, bagaimana upaya pencegahan stunting, data stunting yang ada di Desa Limbangan dan informasi sebagainya..