Profil Limbangan



Menurut Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gambar 1.1

Peta Desa Limbangan

Desa Limbangan merupakan desa yang terletak di Kec. Limbangan Kab. Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Limbangan merupakan ibu kota Kecamatan Limbangan yang mana terletak di lerang Gunung Ungaran dengan hawa yang sejuk dan suasana yang nyaman. Berdasarkan letak geografis, wilayah Desa Limbangan berada di sebelah selatan Ibu kota Kabupaten Kendal. Desa Limbangan memiliki jarak tempuh ke Ibu Kota Kecamatan sejauh 0.8 Km, dan Ibu kota Kabupaten 32 km, dan dapat di tempuh dengan kendaraan + 60 menit. Secara Topologi Desa Limbangan berada di wilayah Pegunungan dengan ketinggian + 400 m dari atas permukaan air laut.  Wilayah Desa Limbangan dilalui oleh 2 sungai besar yaitu sungai kebrok dan sungai kalimoyo. Sesuai dengan kondisi ini, sebagian besar masyarakat Desa Limbangan bermata pencaharian sebagai Petani dan Pekebun.

Desa Limbangan mempunyai Luas wilayah 839.79 Ha yang terbagi dalam beberapa peruntukan, dan di kelompokkan dalam bentuk pemukiman, lahan pertanian, fasilitas umum, kegiatan ekonomi dsb. Berdasarkan segi administratif wilayah Desa Limbangan terdiri dari 10 Rukun Warga (RW) dan 28 Rukun tetangga (RT).

Dengan batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara   :  Desa Purwogondo

Sebelah Timur  :  Desa Pagertoyo

Sebelah Selatan :  Desa Sumberahayu

Sebelah Barat     :  Desa Getas

Pusat pemerintahan Desa Limbangan terletak di Dusun Krajan RW 04 dan untuk menuju Kantor Desa dapat dijangkau dengan kendaraan umum, sepeda motor, mobil atau jalan kaki karena berada di jalan utama Desa Limbangan yaitu di Jl. Raya  Limbangan No. 02 Kec. Limbangan Kab. Kendal.