Berita

KIRAB BUDAYA MERTI DESA LIMBANGAN KE-391 KEMBALI MERIAH

  • 05-06-2023
  • limbangan
  • 422

Limbangan - Merti Desa merupakan tradisi yang dimaknai oleh masyarakat sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan karena hasil panen yang melimpah. Pelaksanaan Merti Desa merupakan wujud eksistensi tradisi pada masyarakat agraris yang berfungsi untuk menumbuhkan sikap gotong royong dan kepedulian masyarakat. Dalam rangka Merti Desa Limbangan yang Ke-391, Pemerintahan Desa Limbangan melaksanakan kegiatan Kirab Gunungan.  

Tradisi "Kirab Gunungan" digelar di Desa Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten kendal, Jawa Tengah, Jum'at (02/06/2023). Kirab gunungan diikuti oleh Kepala Desa Limbangan beserta Perangkat Desa, BPD, Tokoh masyarakat, Kader Posyandu & PKK, Paguyuban seni tari kuda lumping, warga dari masing-masing dusun, dan paguyuban pasar malam. Ikut menyemarakkan acara kirab budaya yakni pasukan drumband dan kesenian tradisional dari pelajar. Kirab budaya dimulai dari Kantor Balai Desa Limbangan dan berakhir di Masjid Raya Baiturrahim Limbangan yang mana lokasi tersebut loaksi penyerahan gunungan.

Gunungan kali ini terdapat 2  jenis yaitu sayuran dan Buah-buahan, Hal tersebut merupakan hasil bumi Desa Limbangan yang mana mayoritas besar berprofesi sebagai petani. Sebelum diperebutkan oleh warga, secara khusuk gunungan setinggi 2 meter itu deserahkan dan didoakan bersama-sama di Masjid Baiturrahim Limbangan. "Tradisi kali ini lebih meriah, warga sangat antusias karena sudah 2 tahun tidak ada kegiatan kirab gunungan dan tahun kemarin diadakan secara sederhana," Kepala Desa Limbangan. 

Sedekah bumi ini dimaksudkan sebagai manifestasi rasa syukur kepada Sang Khalik atas melimpahnya hasil panen pertanian selama ini. "Mayoritas warga kami adalah petani. Hasil panen melimpah dan tak ada kendala. Tradisi kirab gunungan dilaksanakan setiap setahun sekali sejak nenek moyang kami ratusan tahun silam," kata kepala Desa Limbangan. 

Berikut dokumentasi kirab budaya :

                                         

Share :