Berita

AWAS HATI HATI PENIPUAN KIRIMAN UNDANGAN DALAM BENTUK FILE APK

LIMBANGAN - Hati-hati Modus Penipuan APK Undangan Digital!!! Pada beberapa grup WhatsApp di lingkungan Desa Limbangan terdapat kiriman APK Undangan Pernikahan dari nomor WhatsApp yang telah terkena Hack. Mohon untuk tidak klik file tersebut!! Dilansir dari upttik.undiksha.ac.id, mekanisme Kerja APK dari modus kejahatan siber ini adalah sebagai berikut.

1. Jika diklik aplikasi tersebut akan meminta akses untuk melakukan aktivitas Baca SMS atau MMS. Jika diizinkan maka SMS yang tersimpan di HP atau kartu SIM akan dapat dibaca oleh aktor jahat.

2. Akses selanjutnya yang diminta adalah untuk melakukan aktivitas Terima SMS juga akan diminta. Jika diizinkan maka aktor jahat dapat memonitor dan atau menghapus pesan tanpa sepengetahuan korban.

3. Akses selanjutnya yang diminta adalah untuk melakukan aktivitas Kirim SMS. Jika diizinkan maka aktor jahat dapat mengirimkan SMS berbayar tanpa perlu melakuan konfirmasi terlenih dahulu kepada korban.

4. Ketika seluruh permintaan tersebut diberikan maka aplikasi tersebut terpasang di perangkat android milik korban, aktor jahat memiliki kemungkinan untuk mengakses riwayat informasi SMS-Banking seperti kode pin dari riwayat SMS yang biasanya tidak dihapus oleh korban. Berbekal informasi tersebut aktor jahat dapat melakukan pengiriman uang dari rekening korban.

Himbauan apabila sudah terlanjur membuka segera lakukan hal-hal berikut:
File Undangan Pernikahan tersebut adalah Malware yang sangat berbahaya yang bisa mencuri data hp dari jarak jauh termasuk data internet Banking. Bagi yang sudah terlanjur menginstall Undangan Pernikahan tersebut, silakan lakukan langkah berikut:
– Matikan paket data/Wifi
– Uninstall semua Aplikasi mobile banking
– Backup data penting
– Format dan Reset Factory

Untuk menjaga keamanan, pastikan setting Instalasi aplikasi pada Handphone.

Share :

Cuaca Hari Ini

Selasa, 18 Juni 2024 12:27
Awan Tersebar
33° C 31° C
Kelembapan. 59
Angin. 4.7