Berita

PEKAN IMUNISASI NASIONAL (PIN) POLIO SERENTAK

  • 19-01-2024
  • limbangan
  • 149

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) menargetkan 8,4 juta anak berusia 0- 7 tahun. Rinciannya, Provinsi Jawa Timur sebanyak 4,4 juta anak, Provinsi Jawa Tengah 3,9 anak, dan Kabupaten Sleman sebanyak 149 ribu. Pelaksanaan Sub PIN akan dilaksanakan selama 1 pekan, diikuti sweeping selama 5 hari. 

PIN Polio ini menargetkan anak berusia 0 sampai 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Artinya, meski status imunisasi sudah lengkap, anak tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio. Wilayah pemberian imunisasi tambahan adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan lokasi terjadinya KLB polio. Pemberian imunisasi tambahan juga dilakukan di Kabupaten Sleman DIY, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, lokasi ditemukannya kasus polio beberapa waktu lalu.

Desa Limbangan Kec. Limbangan kab. kendal, menjadi salah satu Desa yang mendapatkan PIN Polio, kegiatan imunisasi tersebut serentak dilaksanakan di masing-masing pos posyandu se Desa Limbangan. Namun ada beberapa sasaran anak yang belum mendapatkan imunisasi tersebut karena sakit. Hal tersebut dapat ditangani dengan pemberian imunisasi pada waktu yang lain di Puskesmas Limbangan.

Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id

Share :